Tugas Pokok dan fungsi Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Rancangan Struktur Organisasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan PP – 18 / 2016 Fungsi dan Uraian Tugas Unsur – Unsur Organisasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah Daerah di Bidang Perkoperasian, Usaha Kecil dan Menengah sesuai dengan Azas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan.

Selain itu dengan di keluarkannya Undang – undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan menengah dan Balai pendidikan dan pelatihan Koperasi, Usaha kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan, mempunyai tugas melksanakan urusan pemerintahan Daerah di Bidang Perkoperasian dan Usaha Kecil. Uraian tugas Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan Sebagaimana tersebut diatas adalah sebagai berikut :

  1. Menerumuskan dan menetapkan kebijakan teknis di bidang koperasi, Usaha kecil dan menengah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur;

  2. Menyelenggaran urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;

  3. Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional, membina mengatur,memberikan fasilitasi dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan

    pembinaan dan pengembangan kelembagaan Koperasi;

  4. Merumuskan dan menetapkan kegiatan operasional,membina, mengatur,memberikan fasilitasi dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan

    pembinaan dan penngembangan usaha perkoperasian;

  5. Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional,membina,mengatur,memberikan fasilitasi dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan jaringan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;

  6. Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional ,membina,mengatur memberikan fasilitasi dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan penmgawasan dan akuntabilitas perkoperasian;

  7. membina,mengawasi dan mengendalikan kegiatan unit pelaksanaan teknis ;

  8. mengelola kegiatan kesekretartariatan;dan

  9. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan bidang tugas dan tanggung jawabnya.

    Untuk melaksanakan tugas pokok sebagai mana tersebut di atas maka Dinas

Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai Fungsi:

  1. PerumusanKebijakan teknis di bidang koperasi, usaha kecil dan menengah sesuai dengan kebijakan yang telah di tetapkan oleh Gubernur berdasarkan peraturan Perundang – Undangan yang berlaku;

  2. Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang koperasi usaha kecil dan menengah:

  3. Perumusan kebijakan operasional, Pembinaanpengaturan dan fasilitasi pengembangan kelembagaan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah;

  4. .Perumusan Kebijakan Operasional, pembinaan Pengaturan dan fasilitasi pengembangan kelembagaan usaha Koperasi, dan Menengah;

  5. perumusan kebijakan operasional, pembinaan sumber daya manusia dan Jaringan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;

  6. Perumusan Kebijakan Operasional, Pembinaan Pengaturan dan Fasilitasi Penggawasan dan Akuntabilitas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;

  7. Pembinaa,Pengawasan dan pengendalian unit pelaksdanaan teknis; dan Pengelolaan Kegiataan Kesekretariatan.

Unsur – Unsur Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan.
Unsur – Unsur Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Mengacu pada Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 042 Tahun 2008Sesuai dengan Peraturan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 042 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Unsur – Unsur organisasi Dinas Koperasi dan UKM dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Di Pimpin oleh Kepala Dinas dengan Unsur – Unsur Organisasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan menengah Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari :

Sekretariat

(1)Sekretariat Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas pokok menyelenggarakan fungsi kesekretariatan, mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan administrasi umum dan ketatausahaan, menertibkan administrasi kepegawaian, mengembangkan kualitas pegawai, menyusun rencana dan evaluasi program dan anggaran dan tatakelola keuangan.

(2) Uraian tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berilkut:

  1. Merumuskan dan menyusun kebijakan dan pedoman operasional pelaksanaan dan evaluasi kegiatan administrasi umum dan ketatausahaan, administrasi dan pengembangan pegawai, penyusunan rencana dan evaluasi program dan anggaran, serta penatakelolaan keuangan.
  2. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan tertib administrasi, pemeliharaan dan pengamanan sarana, prasarana atau infrastruktur sesuai dengan kebijakan dan pedoman operasional.

  3. Mengarahkan dan mengevalusi penatakelolaan surat menyurat, ekspedisi, kerumahtanggaan dan kearsipan.

  4. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan tatakelola administrasi kepegawaian, analisis jumlah dan kualitas pegawai, dan pemberian hak dan kewajiban pegawai.

  5. Mengembangkan kualitas pegawai dan merencanakan sistem pengembangan karir pegawai.

  6. Mengembangkan sistem penghargaan dan sanksi bagi pegawai.

  7. Mengkoordinasikan perumusan rancangan kebijakan strategis Dinas sesuai dengan kebijakan Gubernur yang dilengkapi dengan rancangan program, kegiatan dan usulan indikasi anggaran untuk jangka menengah dan jangka pendek.

  8. Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan startegis dan pelaksanaan program, kegiatan dan realisasi anggaran secara terukur dan berkelanjutan.

  9. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan tatakelola anggaran dan keuangan.

  10. Membuat dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja pelaksanaan tugas kesekretariatan kepada Kepala Dinas.

  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas dan

  12. menyampaikan laporan pertanggungjawaban secara tertulis mengenai pelaksanaan tugas tersebut.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), Sekretariat Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai fungsi:

  1.  Penyelenggaraan fungsi kesekretariatan.

  2. Koordinasi pelaksanaan kegiatan administrasi umum dan ketatausahaan.

  3. Penertibanadministrasikepegawaiandanpengembangankualitaspegawai. d. Penyusunan rencana dan evaluasi program dan anggaran.

  4. Penatakelolaan keuangan.

Unsur-unsur organisasi Sekretariat adalah:

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas menyiapkan bahan rancangan kebijakan startegis, usulan program, kegiatan dan anggaran, serta konsepsi tata kelola keuangan yang transfaran dan akuntabel.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi tugas habis kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun data dan informasi yang diperlukan dalam menyiapkan rancangan kebijakan strategis, program, kegiatan, usulan anggaran dan tata kelola keuangan.

  3. Menyiapkan rancangan kebijakan strategis pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil sesuai kewenangan provinsi.

  4. Menyiapkan rancangan program dan kegiatan pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil.

  5. Menyiapkan rancangan usulan anggaran pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Melaksanakan tata kelola keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

  7. Menyiapkan rencana dan perangkat instrumen evaluasi program, kegiatan dan penyerapan anggaran dan mengkomunikasikan instrumen tersebut dengan para pemangku kepentingan.

  8. Melaksanakan evaluasi program, kegiatan dan penyerapan anggaran secara berkesinambungan dan melaporkan hasil evaluasi tersebut secara tertulis .

  9. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam penyiapan bahan penyusunan rencana strategi, penyusunan program, kegiatan dan anggaran serta dalam penatakelolaan keuangan.

  10. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas-tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  11. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  12. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan.

  13. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Sekretaris dan atau Kepala Dinas.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas mengelola administrasi umum dan ketatausahaan, administrasi dan pengembangan kepegawaian, urusan kerumahtanggan, serta administrasi, pemeliharaan dan pengamanan sarana dan prasarana atau infrastruktur.

Uraian tugas

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi tugas habis kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan administrasi umum dan ketatausahaan, administrasi dan pengembangan kepegawaian, urusan kerumahtanggaan, serta administrasi, pemeliharaan dan pengamanan sarana dan prasarana atau infrastruktur.

  3. Melaksanakan tertib administrasi, pemeliharaan dan pengamanan sarana, prasarana atau infrastruktur sesuai dengan kebijakan dan pedoman operasional.

  4. Melaksanakan penatakelolaan surat menyurat, ekspedisi, kerumahtanggaan dan kearsipan.

  5. Melaksanakan tatakelola administrasi kepegawaian, analisis jumlah dan kualitas pegawai, dan pemberian hak dan kewajiban pegawai.

  6. Menyiapkan bahan penyusunan pengembangkan kualitas pegawai dan sistem pengembangan karir pegawai. 

  7. Menyiapkan bahan penyusunan pengembangan sistem penghargaan dan sanksi bagi pegawai.

  8. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  9. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas-tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  10. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  11. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  12. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Sekretaris dan atau Kepala Dinas.

Bidang Kelembagaan 

Bidang kelembagaan mempunyai tugas memasyarakatkan Koperasi kepada masyarakat, menumbuhkan Koperasi dikalangan masyarakat petensial dan meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi, memberdayakan Usaha Kecil sehingga menjadi Usaha Menengah dan melembagakan Usaha Kecil dalam Koperasi dan atau Asosiasi/Perhimpunan serta melakukan pendampingan dan advokasi bagi Koperasi dan Usaha Kecil.

Uraian tugas :

  1. Merumuskan dan menyusun kebijakan dan pedoman operasional pelaksanaan dan evaluasi kegiatan memasyarakatkan Koperasi kepada masyarakat, menumbuhkan Koperasi dikalangan masyarakat petensial dan meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi, memberdayakan Usaha Kecil sehingga menjadi Usaha Menengah dan melembagakan Usaha Kecil dalam Koperasi dan atau Asosiasi/Perhimpunan. keuangan.

  2. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan pemasyarakatan Koperasi kepada masyarakat.

  3. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan penumbuhan Koperasi dikalangan masyarakat petensial

  4. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan peningkatan kualitas kelembagaan Koperasi.

  5. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan pemberdayaan Usaha Kecil menjadi menjadi Usaha Menengah

  6. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan pelembagaan Usaha Kecil dalam Koperasi dan atau Asosiasi/Perhimpunan.

  7. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan pendampingan dan advokasi Koperasi dan Usaha Kecil.

  8. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam pemberdayaan kelembagaan Koperasi dan Usaha Kecil.

  9. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  10. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  11. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  12. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya secara tertulis.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Kelembagaan mempunyai fungsi:

  1. Pemasyarakatan Koperasi kepada masyarakat

  2. Penumbuhan Koperasi dikalangan masyarakat petensial dan meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi.

  3. Pemberdayaan Usaha Kecil menjadi Usaha Menengah

  4. Pelembagaan Usaha Kecil dalam Koperasi dan atau Asosiasi/Perhimpunan

  5. Pendampingan dan advokasi bagi Koperasi dan Usaha Kecil.

Unsur-unsur organisasi Bidang Kelembagaan adalah:

  1. Seksi Penyuluhan dan Legalitas Badan Hukum
  2. Seksi Organisasi dan Tatalaksana
  3. SeksiPendampingandanAdvokasi

Seksi Penyuluhan dan Legalitas Badan Hukum

Seksi Penyuluhan dan Legalitas Badan Hukum mempunyai tugas memasyarakatkan dan menyuluh masyarakat potensial mengenai perkoperasian dan membantu masyarakat mendirikan koperasi dan mengurus legalitas badan hukum serta membantu merubah anggaran dasar, membubarkan, melebur/menggabung, dan memisah/memecah Koperasi, serta membantu Usaha Kecil mengurus dan mendapatkan legalitas lembaga dan usaha

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi tugas habis kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Menginventarisasi masyarakat atau kelompok masyarakat yang berencana mendirikan/membentuk Koperasi

  4. Menginventarisasi Usaha Kecil yang berkeinginan menjadi anggota koperasi, membentuk/mendirikan Koperasi dan atau yang ingin bergabung dengan Asosiasi/Himpunan.

  5. Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam melakukan penyuluhan perkoperasian.

  6. Memberikan bantuan bagi masyarakat/kelompok masyarakat/ Usaha Kecil dalam menyiapkan berkas kelengkapan persyaratan pendirian dan dalam proses pengesahan badan hukum koperasi.

  7. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  8. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  9. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  10. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  11. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Seksi Organisasi dan Tatalaksana

Seksi Organisasi dan Tatalaksana mempunyai tugas membenahi dan menata organisasi dan tatalaksana Koperasi untuk mendukung meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Melakukan inventarisasi dan pemetaan kondisi dan keragaan terkini mengenai sumberdaya manusia (anggota, pengurus, pengawas dan pengelola) koperasi, organisasi (peralatan, sarana dan prasarana, struktur dan uraian tugas, dan administrasi organisasi) koperasi, dan tatalaksana (rapat anggota, pengawasan, tata hubungan pengurus, pengawas, pengelola dan anggota) Koperasi.

  4. Melaksanakan penataan dan pembenahan struktur dan uraian tugas perangkat organisasi koperasi.

  5. Melakukan penataan dan pembenahan dokumen administrasi kepemilikan dan pemanfaatan peralatan, sarana dan prasarana organisasi koperasi.

  6. Melakukan penataan dan pembenahan administrasi (buku-buku) organisasi koperasi.

  7. Melakukan penataan dan pembenahan kualitas rapat anggota koperasi.

  8. Memberikan bantuan dan dukungan bagi pengawas koperasi (internal auditor) dalam melakukan kegiatan pengawasan secara berkualitas.

  9. Mendorong tata hubungan yang harmonis dan akrab (solid) antara pengurus,pengawas, pengelola dan anggota) Koperasi.

  10. Meningkatkan kapasitas pengurus, pengawas dan pengelola dalam bidangorganisasi dan ketatalaksanaan koperasi.

  11. Memberikan bantuan dalam penilaian koperasi berkualitas.

  12. Menyiapkan usulan koperasi berprestasi dan berbagai penghargaan lainnya.

  13. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  14. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  15. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  16. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  17. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya. 

Seksi Pendampingan dan Advokasi

Seksi Pendampingan dan Advokasi mempunyai tugas melakukan pendampingan dan advokasi terhadap Koperasi dan Usaha Kecil yang mengalami masalah yang berkaitan dengan hukum dan atau non hukum.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Melakukan inventarisasi dan pemetaan permasalahan Koperasi dan Usaha Kecil

  4. Melakukan pemilahan permasalahan dan menemukan alternatif solusi penyelesaian permasalahan yang dihadapi Koperasi dan Usaha Kecil.

  5. Melakukan pendampingan dan advokasi dalam penyelesaian masalah Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Menjalin kerjasama dengan lembaga/instansi penegak hukum dan para pemangku kepentingan lain (yang terkait masalah) dalam penyelesaian masalah Koperasi dan Usaha Kecil.

  7. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  8. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  9. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  10. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  11. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Bidang Usaha dan Pemasaran Produk 

Bidang Usaha dan Pemasaran Produk mempunyai tugas mengembangkan usaha dan pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil melalui fasilitasi permodalan dan pembiayaan, promosi dan pemasaran produk, dan mengembangkan kerjasama usaha antar sesama koperasi dan atau dengan pelaku ekonomi lain.

Uraian tugas :

  1. Merumuskan dan menyusun kebijakan dan pedoman operasional pelaksanaan dan evaluasi kegiatan mengembangkan usaha dan pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil melalui fasilitasi permodalan dan pembiayaan, promosi dan pemasaran produk, dan mengembangkan kerjasama usaha antar sesama koperasi dan atau dengan pelaku ekonomi lain.

  2. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan mengembangkan usaha dan pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil melalui fasilitasi permodalan dan pembiayaan.

  3. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan mengembangkan usaha dan pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil melalui promosi dan pemasaran produk.

  4. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan mengembangkan usaha dan pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil melalui pengembangan usaha dan kerjasama antar sesama koperasi dan atau dengan pelaku ekonomi lain.

  5. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam pemberdayaan usaha dan pemasaran produk Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas-tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  7. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas-tugas kepada atasan langsung, disertai dengan alternatif saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  8. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  9. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya secara tertulis.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud , Bidang Usaha dan Pemasaran Produk mempunyai fungsi:

  1. Pengembangkan usaha Koperasi dan Usaha Kecil.

  2. Pengembangan pemasaran produk Koperasi dan Usaha Kecil.

  3. PengembanganfasilitaspermodalandanpembiayaanbagiKoperasidanUKM.

  4. Pengembangan promosi dan pemasaran produk.

  5. Pengembangan usaha dan kerjasama antar sesama koperasi dan atau dengan

    pelaku ekonomi lain.

Unsur-unsur organisasi Bidang Usaha dan Pemasaran Produk adalah:

  1. Seksi Permodalan dan Pembiayaan
  2. Seksi Promosi dan Pemasaran Produk
  3. SeksiUsahadanPengembanganKerjasama

Seksi Permodalan dan Pembiayaan

Seksi Permodalan dan Pembiayaan mempunyai tugas melakukan fasilitasi permodalan dan pembiayaan bagi Koperasi dan Usaha Kecil.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Melakukan inventarisasi dan pemetaan kondisi permodalan/struktur permodalan Koperasi dan Usaha Kecil.

  4. Menyiapkan dan memberikan informasi sumber-sumber permodalan dan pembiayaan yang sesuai dengan dan dapat diakses oleh Koperasi dan Usaha Kecil.

  5. Melakukan pendampingan penyusunan proposal permodalan bagi Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Mempertemukan Koperasi dan Usaha Kecil dengan lembaga keuangan.

  7. Mendorong Koperasi dan Usaha Kecil menjalin kerjasama

  8. Melakukan evaluasi pemanfaatan dan keragaan permodalan dan pembiayaan oleh Koperasi dan Usaha Kecil.

  9. Mendorong Koperasi untuk melakukan ekspansi dalam pemupukan modal sendiri.

  10. Melakukan ekspansi pembiayaan oleh Koperasi bagi anggotanya.

  11. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas-tugas.

  12. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  13. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas-tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  14. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas-tugas kepada atasan langsung.

  15. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Seksi Promosi dan Pemasaran Produk

Seksi Promosi dan Pemasaran Produk mempunyai tugas melaksanakan promosi dan pemasaran produk untuk memperluas pangsa pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Melakukan inventarisasi dan pemetaan produk unggulan Koperasi dan Usaha Kecil.

  4. Menyusun katalog produk Koperasi dan Usaha Kecil.

  5. Melakukan pendampingan dalam meningkatkan kualitas produk Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Mempromosikan kehalalan produk Koperasi dan Usaha Kecil dengan memfasilitasi sertifikat halal.

  7. Memfasilitas Koperasi dan Usaha Kecil dalam mengurus sertifikat HAKI (patent, merk dan hak atas kekayaan intelektual lainnya).

  8. Melakukan pendampingan dalam meningkatkan kualitas pembungkus (packing) proses pembuatan produk

  9. Memfasilitasi pelaksanaan kerjasama pemasaran produk antar Koperasi dan Usaha Kecil dan antara Koperasi dan Usaha Kecil dengan pelaku usaha lain (pasar modern dan lain-lain).

  10. Mendorong Koperasi dan Usaha Kecil mempromosikan dan memasarkan produknya menggunakan fasilitas dan sarana pemasaran melalui berbagai pusat- pusat perdagangan (trade center), lokasi/tempat strategis (seperti bandar udara dan lain-lain) dan menggonakan sistem on-line.

  11. Menjajagi potensi pasar produk Koperasi dan Usaha Kecil di luar daerah.

  12. Melaksanakan dan mengikutsertakan Koperasi dan Usaha Kecil yang memiliki produk unggulan dalam berbagai event pameran, basyaar, expo, kontak dagang, dan pasar rakyat, baik di dalam daerah maupun di luar daerah.

  13. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  14. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  15. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  16. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  17. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Seksi Usaha dan Pengembangan Kerjasama

Seksi Usaha dan Pengembangan Kerjasama mempunyai tugas mengintensifkan dan mengembangkan usaha Koperasi dan Usaha Kecil serta mengembangkan kerjasama usaha antar Koperasi, Usaha Kecil dan kerjasama dengan pelaku usaha lainnya.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan tugas dan membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  2. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  3. Melakukan inventarisasi dan pemetaan jenis dan keragaan usaha yang sudah ditangani oleh Koperasi dan Usaha Kecil.

  4. Melakukan evaluasi kinerja setiap jenis usaha Koperasi dan Usaha Kecil sesuai dengan skala dan skope ekonomi dari setiap usaha tersebut.

  5. Melakukan inventarisasi dan pemetaan usaha yang belum ditangani oleh Koperasi dan Usaha Kecil dan memiliki potensi (sebagai peluang usaha) untuk ditangani oleh Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Menjalin kerjasama pengembangan usaha antara Koperasi dan Usaha Kecil dengan calon mitra yang potensial.

  7. Melakukan penilaian kinerja setiap jenis usaha dalam melayani anggota atau dalam menjalankan kegiatan usaha.

  8. Melakukan berbagai kegiatan temu usaha dengan sesama pelaku usaha.

  9. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  10. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  11. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  12. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  13. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Bidang Pengawasan 

Bidang Pengawasan mempunyai tugas melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pemeriksaan terhadap Koperasi dan Usaha Kecil berkaitan dengan tingkat kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil terhadap berbagai peraturan pemerintah dan peraturan internal Koperasi dan Usaha Kecil sendiri, dan berkaitan secara khusus dengan tingkat kesehatan Koperasi yang menangani kegiatan usaha simpan pinjam.

Uraian tugas :

  1. Merumuskan dan menyusun kebijakan dan pedoman operasional pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pengawasan Koperasi dan Usaha Kecil.

  2. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengawasan kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil sesuai dengan kebijakan dan pedoman operasional tersebut.

  3. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian dan pemeriksaan Koperasi dan Usaha Kecil sesuai dengan kebijakan dan pedoman operasional tersebut.

  4. Mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan penilaian kesehatan usaha simpan pinjam yang ditangani oleh Koperasi/ USP-Koperasi sesuai dengan kebijakan dan pedoman operasional tersebut.

  5. Mendorong pengurus, pengawas dan pengelola Koperasi untuk memiliki dan memahami perangkat peraturan pemerintah yang terkait dengan Koperasi dan perangkat peraturan internal Koperasi sendiri.

  6. Mendorong Pelaku Usaha Kecil untuk memiliki dan memahami berbagai aturan yang pemerintah untuk dilaksanakan/diterapkan oleh Usaha Kecil dan juga aturan internal Usaha Kecil yang dijadikan landasan dalam mengelola usaha.

  7. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan tugas.

  8. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan tugas-tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  9. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas-tugas kepada atasan langsung, disertai dengan alternatif saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  10. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  11. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya secara tertulis.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud , Bidang Pengawasan mempunyai fungsi:

  1. Pengawasan terhadap Koperasi dan Usaha Kecil.

  2. Pengendalian dan pemeriksaan terhadap Koperasi dan Usaha Kecil.

  3. Penilaian tingkat kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil terhadap berbagai peraturan pemerintah dan peraturan internal Koperasi dan Usaha Kecil sendiri

  4. Penilaian tingkat kesehatan Koperasi yang menangani kegiatan usaha simpan pinjam.

Unsur-unsur organisasi Bidang Pengawasan adalah:

  1. Seksi Kepatuhan
  2. Seksi Pengendalian dan Pemeriksaan
  3. Seksi Penilaian Usaha Simpan Pinjam

Seksi Kepatuhan

Seksi Kepatuhan mempunyai tugas melaksanakan penilaian tingkat kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil terhadap peraturan pemerintah dan terhadap peraturan internal yang berlaku dalam Koperasi dan Usaha Kecil.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan penilaian kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil.

  2. Membagi membagi habis tugas kepada staf serta mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  3. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas tersebut.

  4. Melakukan inventarisasi dan pemetaan jenis perangkat peraturan yang sudah dimiliki dan belum dimiliki oleh Koperasi dan Usaha Kecil, baik perangkat peraturan pemerintah (seperti Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri dll) maupun perangkat peraturan dalam Koperasi dan Usaha Kecil sendiri (seperti Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Peraturan Khusus dalam bentuk Rencana Strategis, Standar Operasional Manajemen, Standar Operasional Khusus, Pernyataan Keputusan Rapat Anggota, Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja, dan Tata Tertib).

  5. Melakukan penilaian aspek-aspek apa saja dari peraturan-peraturan tersebut yang belum dipatuhi atau dilaksanakan oleh Koperasi dan Usaha Kecil.

  6. Melakukan evaluasi terhadap kepatuhan Koperasi dan Usaha Kecil dalam menerapkan peraturan-peraturan tersebut.

  7. Melakukan fasilitasi terhadap Koperasi dan Usaha Kecil untuk melakukan/melaksanakan berbagai peraturan tersebut sebagai wujud kepatuhan terhadap peraturan.

  8. Merancang dan merumuskan berbagai alternatif langkah atau solusi penyelesaian terhadap ketidakpatuhan Koperasi dan Usaha Kecil atas peraturan-peraturan.

  9. Merumuskan alternatif sanksi bagi Koperasi dan Usaha Kecil yang belum patuh atau belum melaksanakan peraturan-peraturan tersebut.

  10. Melakukan evaluasi terhadap implementasi alternatif solusi penyelesaian dan pemberian sanksi bagi Koperasi dan Usaha Kecil.

  11. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  12. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  13. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  14. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  15. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Seksi Pengendalian dan Pemeriksaan

Seksi Pengendalian dan Pemeriksaan mempunyai tugas melaksanakan pengendalian dan pemeriksaan terhadap tatakelola Koperasi dan Usaha Kecil.

Uraian tugas :

  1.  Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan pengendalian dan pemeriksaan Koperasi dan Usaha Kecil.
  2. Membagi habis tugas kepada staf dan mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  3. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  4. Menyusun instrumen atau kertas kerja melakukan pengendalian dan pemeriksaan Koperasi dan Usaha Kecil.

  5. Melakukan pembekalan petugas/tenaga yang melakukan pengendalian dan pemeriksaan.

  6. Menjalin kerjasama dengan eksternal auditor lain (kantor akuntan publik) dan aparat pengawas lainnya (seperti Satgas Simpan Pinjam) dalam melakukan pengendalian dan pemeriksaan Koperasi dan Usaha Kecil.

  7. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  8. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  9. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  10. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  11. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya

Seksi Penilaian Usaha Simpan Pinjam

Seksi Penilaian Usaha Simpan Pinjam mempunyai tugas menilai tingkat kesehatan usaha simpan pinjam sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Uraian tugas :

  1. Menyiapkan pedoman dan panduan operasional pelaksanaan penilaian kesehatan Koperasi yang menangani usaha simpan pinjam.

  2. Membagi habis tugas kepada staf dan mengarahkan setiap staf dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan pedoman dan panduan operasional tersebut.

  3. Menghimpun bahan, data dan informasi yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.

  4. Menyiapkan kertas kerja penilaian kesehatan koperasi yang menangani usaha simpan pinjam.

  5. Melakukan pembekalan kepada petugas penilai kesehatan.

  6. Melakukan otonomisasi unit usaha simpan pinjam koperasi sebagai persyaratan penilaian kesehatan.

  7. Menjalin kerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi dalam menilaitingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam Koperasi.

  8. Membuat dan menerbitkan sertifikat hasil penilaian kesehatan simpan pinjam yang ditandatangani oleh Kepala Dinas.

  9. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas.

  10. Melaksanakan dan menghadiri rapat-rapat yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

  11. Menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas kepada atasan langsung, disertai dengan saran atau masukan berkaitan dengan permasalahan tersebut.

  12. Membuat laporan pertanggungjawaban pencapaian kinerja secara tertulis pelaksanaan tugas kepada atasan langsung.

  13. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Kepala Bidang dan atau oleh Kepala Dinas dan melaporkan hasilnya.

Kelompok Jabatan Fungsional

  1. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.
  2. Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok- kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Setiap Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud dipimpin dan dikoordinasikan oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditetapkan oleh Gubernur dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.
  4. Jumlah dan jenis Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
  5. Jenis, jenjang dan tugas masing-masing Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud  diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.